PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU

PAKET PELATIHAN PK GURU DAN PKB
UNTUK MASTER TRAINER, TRAINER DAN PENILAI
|
KEGIATAN 8: EVALUASI 4
KEMAMPUAN MEMPRESENTASIKAN PEMAHAMAN TERHADAP PROSES PK GURU DAN
PKB
Waktu: 3 X 45 Menit = 2 jam 15 menit
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN
PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2011
Evaluasi
terhadap Kemampuan Melaksanakan
PK
Guru dan Perencanaan PKB
Tujuan: Untuk mendapatkan informasi
pemahaman peserta terkait dengan pelaksanaan Proses PK Guru dan Proses PKB
Bahan:
Video Pembelajaran, Bidang studi Geografi
di SMA; Lembar Evaluasi dan Pelaporan.
Kegiatan
1.
Putar Video Bidang studi Geografi di SMA, amati
video contoh pembelajaran Geografi tersebut.
2.
Secara individu, buatlah
deskripsi proses penilaian PK Guru untuk kompetensi 4 (empat) dan kompetensi 6 (enam), sampai dengan
penskoran untuk setiap kompetensi.
3.
Menjelaskan di lembar catatan
alasan penentuan skor untuk setiap indikator yang merupakan hasil evaluasi dari
apa yang dicatat dalam hasil pengamatan dengan penentuan perolehan skor dari
setiap indikator dalam kompetensi.
4.
Buatlah rencana PKB yang harus
dilaksanakan oleh guru dimaksud untuk setiap kompetensinya pada tahun ajaran
yang berjalan.
LEMBAR JAWABAN
NAMA
|
|
NOMOR PESERTA
|
|
INSTANSI
|
|
PK GURU
LEMBAR PENGAMATAN
Kompetensi 4 : Kegiatan
Pembelajaran yang Mendidik
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah
Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut
yang diperlukan:
|
Penilaian
untuk Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1. Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah
disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan
bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses
belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik
merasa tertekan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru
mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan
usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru menyikapi
kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran,
bukan semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui
terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan
jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya
dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru melakukan
aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk
kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar
dan mempertahankan perhatian peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru mengelola
kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri
agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru mampu
menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
9. Guru memberikan
banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan
berinteraksi dengan peserta didik lain.
|
0
|
1
|
2
|
10. Guru mengatur
pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses
belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah
mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
|
0
|
1
|
2
|
11. Guru menggunakan
alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 4
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2
|
22
|
||
Persentase
= (total skor/22 ) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 4
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
LEMBAR CATATAN:
Mohon dijelaskan di lembar catatan
dibawah ini alasan penentuan skor untuk setiap indikator yang merupakan hasil
evaluasi dari apa yang dicatat dalam hasil pengamatan dengan penentuan
perolehan skor dari setiap indikator dalam kompetensi.
Penilaian
untuk Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
|
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
6.
|
7.
|
8.
|
9.
|
10.
|
11.
|
Kompetensi 6 : Komunikasi
dengan peserta didik
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
||||
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
||||
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|||||
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
|||||
Penilaian untuk Kompetensi
6: Komunikasi dengan peserta didik
|
|||||
Indikator
|
Skor
|
||||
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
Seluruhnya
|
|||
1.
Guru
menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi
peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta
didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
0
|
1
|
2
|
||
2.
Guru
memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta
didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau
mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
||
3.
Guru menanggapinya
pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan
pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
|
0
|
1
|
2
|
||
4.
Guru
menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar
pesertadidik.
|
0
|
1
|
2
|
||
5.
Guru
mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik
baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman
peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
||
6.
Guru
memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara
lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
||
Total skor untuk kompetensi 6
|
|
||||
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator ×2
|
12
|
||||
Persentase = (total skor/12
) × 100%
|
|
||||
Nilai untuk kompetensi 6
(0% < X ≤
25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
||||
LEMBAR CATATAN:
Mohon dijelaskan di lembar catatan
dibawah ini alasan penentuan skor untuk setiap indikator yang merupakan hasil
evaluasi dari apa yang dicatat dalam hasil pengamatan dengan penentuan
perolehan skor dari setiap indikator dalam kompetensi.
Penilaian
untuk Kompetensi 6: Komunikasi dengan
peserta didik
|
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
6.
|
PERENCANAAN PKB
Nama Guru :
………………………………………………………….
Koordinator PKB :
…………………………………………………………..
No
|
Kompetensi
(a)
|
Nilai
|
Kebutuhan PKB
(d)
|
Persetujuan
Kepala Sekolah
(e)
|
Penilaian Kemajuan
(f)
|
Nilai
Sumatif
(g)
|
|||||
Formatif
(b)
|
Target
(c)
|
||||||||||
Pengembangan
Diri
|
Karya Ilmiah
|
Karya Inovatif
|
1
|
2
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
_______________________
Nama
Sekolah:
|
Nomor
Standar Sekolah:
|
|||||||||||||||||||||||||
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
Provinsi:
|
||||||||||||||||||||||||
Tahun
Ajaran:
|
Tanggal:
|
|||||||||||||||||||||||||
Nama guru
|
Nama
Koordinator PKB
|
(1)
Rencana
kegiatan PKB
|
(2)
Kebutuhan
yang belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasi
kan oleh
Dinas Pddk untuk dipertim-bangkan)
|
|||||||||||||||||||||||
(1.a)
dilakukan
oleh guru sendiri
|
(1.b)
dilakukan dengan guru lain di sekolah yang sama
|
(1.c)
dilakukan
oleh sekolah
|
(1.d)
dilakukan
di KKG/MGMP
|
(1.e)
dilakukan
oleh pihak di luar sekolah/KKG/MGMP
|
||||||||||||||||||||||
(1.e.1)
Kegiatan
|
(1.e.2)
Pelaksana
|
|||||||||||||||||||||||||
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Nama dan tanda
tangan KepSek
|
|
Nama dan tanda
tangan Ketua Komite Sekolah
|
|
Nama dan tanda
tangan Koordinator PKB tingkat sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||
Catatan:
PD =
Pengembangan Diri (diarahkan ke pengembangan Kompetensi);
KL =
Pengembangan Pengetahuan dan Keterampilan menghasilkan Karya Ilmiah;
KN =
Pengembangan Pengetahuan dan Keterampilan menghasilkan Karya Innovatif
0 Coment:
Posting Komentar