Sabtu, 23 Juni 2012

Bahan Ujian (ex Makasar)



PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU

logo diknas



PAKET PELATIHAN PK GURU DAN PKB
UNTUK MASTER TRAINER, TRAINER DAN PENILAI
BAHAN UJIAN
 
 

KEGIATAN 8:  EVALUASI 4
KEMAMPUAN MEMPRESENTASIKAN PEMAHAMAN TERHADAP PROSES PK GURU DAN PKB
Waktu: 3 X 45 Menit = 2 jam 15 menit





KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2011



Evaluasi terhadap Kemampuan Melaksanakan
PK Guru dan Perencanaan PKB

Tujuan: Untuk mendapatkan informasi pemahaman peserta terkait dengan pelaksanaan Proses PK Guru dan Proses PKB

Bahan:   Video Pembelajaran, Bidang studi Geografi di SMA; Lembar Evaluasi dan Pelaporan.

Kegiatan
1.      Putar Video Bidang studi Geografi di SMA, amati video contoh pembelajaran Geografi  tersebut.
2.      Secara individu, buatlah deskripsi proses penilaian PK Guru untuk kompetensi 4 (empat) dan kompetensi 6 (enam), sampai dengan penskoran untuk setiap kompetensi.
3.      Menjelaskan di lembar catatan alasan penentuan skor untuk setiap indikator yang merupakan hasil evaluasi dari apa yang dicatat dalam hasil pengamatan dengan penentuan perolehan skor dari setiap indikator dalam kompetensi.
4.      Buatlah rencana PKB yang harus dilaksanakan oleh guru dimaksud untuk setiap kompetensinya pada tahun ajaran yang berjalan.


LEMBAR JAWABAN
NAMA

NOMOR PESERTA

INSTANSI




PK GURU

LEMBAR PENGAMATAN




















































Kompetensi 4         : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru


Tindak lanjut yang diperlukan:


Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 














Tindak lanjut yang diperlukan:







Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru


Tindak lanjut yang diperlukan:








Penilaian untuk Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak  terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Terpenuhi
seluruhnya
1.     Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
0
1
2
2.       Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
0
1
2
3.       Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
0
1
2
4.       Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
0
1
2
5.       Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
0
1

2
6.       Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
0
1
2
7.       Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
0
1
2
8.       Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
0
1
2
9.       Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
0
1
2
10.    Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
0
1
2
11.    Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 4

Skor maksimum kompetensi  4 = jumlah indikator × 2
                                      22                    
Persentase = (total skor/22 ) × 100%

Nilai untuk kompetensi 4
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)



LEMBAR CATATAN:
Mohon dijelaskan di lembar catatan dibawah ini alasan penentuan skor untuk setiap indikator yang merupakan hasil evaluasi dari apa yang dicatat dalam hasil pengamatan dengan penentuan perolehan skor dari setiap indikator dalam kompetensi.

Penilaian untuk Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.


11.


Kompetensi 6         : Komunikasi dengan peserta didik
Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru



Tindak lanjut yang diperlukan:



Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 


















Tindak lanjut yang diperlukan:





Setelah Pengamatan
Tanggal


Dokumen dan bahan lain yang diperiksa


Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru




Tindak lanjut yang diperlukan:





Penilaian untuk Kompetensi 6:  Komunikasi dengan peserta didik
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak  terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Terpenuhi
Seluruhnya
1.       Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
0
1
2
2.       Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
0
1
2
3.       Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
0
1
2
4.       Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar pesertadidik.
0
1
2
5.       Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
0
1
2
6.       Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 6

Skor maksimum kompetensi 6  = jumlah indikator ×2
                                    12                     
Persentase = (total skor/12 ) × 100%

Nilai untuk kompetensi 6
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
















LEMBAR CATATAN:
Mohon dijelaskan di lembar catatan dibawah ini alasan penentuan skor untuk setiap indikator yang merupakan hasil evaluasi dari apa yang dicatat dalam hasil pengamatan dengan penentuan perolehan skor dari setiap indikator dalam kompetensi.

Penilaian untuk Kompetensi 6:  Komunikasi dengan peserta didik
1.



2.



3.



4.



5.


6.





PERENCANAAN PKB

Nama Guru              : ………………………………………………………….
Koordinator PKB    : …………………………………………………………..

No
Kompetensi
(a)
Nilai
Kebutuhan PKB
(d)
Persetujuan
Kepala Sekolah
(e)
Penilaian Kemajuan
(f)
Nilai
Sumatif
(g)
Formatif
 (b)
Target
(c)
Pengembangan
Diri
Karya Ilmiah
Karya Inovatif
1
2



























































































































































Mengetahui,
Kepala Sekolah,
_______________________

Format 2           : Rencana Final Kegiatan PKB tingkat sekolah (Diisi oleh Koordinator PKB tingkat sekolah)
Nama Sekolah:

Nomor Standar Sekolah:
Kecamatan:
Kabupaten/Kota:

Provinsi:
Tahun Ajaran:

Tanggal:
Nama guru
Nama Koordinator PKB
(1)
Rencana kegiatan PKB
(2)
Kebutuhan yang belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasi
kan oleh Dinas Pddk untuk dipertim-bangkan)
(1.a)
dilakukan oleh guru sendiri

(1.b)
dilakukan dengan guru lain di sekolah yang sama
(1.c)
dilakukan oleh sekolah
(1.d)
dilakukan di KKG/MGMP
(1.e)
dilakukan oleh pihak di luar sekolah/KKG/MGMP
(1.e.1) Kegiatan
(1.e.2)
Pelaksana
PD
KL
KN
PD
KL
KN
PD
KL
KN
PD
KL
KN
PD
KL
KN
PD
KL
KN
PD
KL
KN
1






















2






















3






















4






















5






















6









































































































































Nama dan tanda tangan KepSek

Nama dan tanda tangan Ketua Komite Sekolah

Nama dan tanda tangan Koordinator PKB tingkat sekolah

Catatan:
PD = Pengembangan Diri (diarahkan ke pengembangan Kompetensi);
KL = Pengembangan Pengetahuan dan Keterampilan menghasilkan Karya Ilmiah;
KN = Pengembangan Pengetahuan dan Keterampilan menghasilkan Karya Innovatif

0 Coment:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in Japan